Pengertian ICT
ICT (Information Communication and Technology) mencakup dua aspek yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan, Teknologi Komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu yang memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi, Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang berkaitan dengan pemprosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
ICT (Information Communication and Technology) mencakup dua aspek yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan, Teknologi Komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu yang memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi, Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang berkaitan dengan pemprosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
Peranan
ICT dalam Pendidikan
1. ICT sebagai gudang ilmu pengetahuan.
Artinya
dengan ICT sumber ilmu pengetahuan menjadi begitu kaya bahkan melimpah, baik
ilmu pengetahuan inti (core content) dalam pelajaran sekolah maupun sebagai
materi pengaya pembelajaran (content suplement). Pada fungsi ini internet
memiliki peran besar sebagai sumber ilmu pengetahuan yang dapat diakses secara
luas yang didalamnya telah terkoneksi dengan ribuan perpustakaan digital,
jutaan artikel/jurnal, jutaan e-book, dan lan-lain.
2. ICT sebagai alat bantu pembelajaran..
Artinya
bahwa pembelajaran saat ini lebih mudah dengan bantuan ICT, untuk menghadirkan
dunia di kelas dan dapat disajikan kepada seluruh siswa melalui peralatan ICT
seperti multimedia dan media pembelajaran hasil olahan komputer seperi poster,
grafik, foto, gambar, display, dan media grafis yang lainnya. Pemanfaatan CD
Interaktif, Video Pembelajaran, Multimedia presentasi, e-learning termasuk pada
bagian ini.
3. ICT sebagai fasilitas pendidikan.
Dalam hal ini ICT sebagai saran yang melengkapi fungsi sekolah
sebagai lembaga pendidikan, terutama fasilitas-fasilitas yang bernuansa
elektronik seperti labolatorium komputer, peralatan di laboratorium bahasa, ruang
multimedia, studio rekaman suara, studio musik, studio produksi video dan editing.
4. ICT sebagai standar kompetensi.
Artinya
ICT sebagai mata pelajaran yang kita kenal Mata Pelajaran TIK. Mata pelajaran
ini berisi standar kompetensi.
0 komentar:
Posting Komentar